Wednesday, June 6, 2012

Stop Puppy Mills!

 
Anjing merupakan binatang peliharaan yang sangat dicintai karena kesetiaannya. Maka dari itu, banyak yang menyebutkan bahwa anjing merupakan sahabat manusia. Di era modern seperti sekarang ini perkembangbiakan anjing bukan merupakan hal yang asing lagi. Banyak para breeder yang kini memperkembangbiakan anjing, baik anjing ras maupun anjing lokal. Tetapi terdapat salah satu bentuk perkembangbiakan anjing yang sangatlah tidak manusiawi yaitu oleh puppy mill. 
 
Puppy mill adalah perternakan anjing yang memperkembangbiakan anjing secara besar-besaran. Di puppy mill anjing ditempatkan dikandang yang sempit dan kecil, juga anjing tidak dirawat sama sekali. Anjing hanya diberi makan dan minum tanpa dimandikan dan diajak jalan-jalan. Perkembangbiakan anjing di puppy mill ini ditujukan untuk memperoleh keuntungan yang banyak tanpa memikirkan kondisi anjing. Induk anjing disini dimasukan kedalam kandang yang sempit lalu dipaksa untuk menghasilkan anak anjing yang banyak. Dan puppy mill ini sendiri mempunyai kandang yang sangat banyak dan banyak terdapat indukan anjing didalamnya. Disana anjing seperti diibaratkan ayam peternak yang tidak henti-hentinya dipaksa untuk menghasilkan anak anjing. 
 
Kondisi di Puppy Mill
Indukan anjing di puppy mill memiliki kondisi fisik sudah tidak sehat karena tidak pernah dirawat. Mereka tidak mendapatkan kasih sayang dan perawatan yang baik sehingga mengakibatkan kondisi yang memprihatinkan baik kondisi psikis maupun fisik. Tugas induk anjing ini adalah bereproduksi sampai titik dimana mereka tidak dapat bereproduksi kembali. Anjing-anjing yang dihasilkan oleh indukan tadi dijual oleh pihak puppy mill ke pet shop atau dijual secara online. Siapa yang menyangka bahwa anak anjing yang dijual di pet shop berasal dari puppy mill. Biasanya puppy mill menjual anak-anak anjing ke pet shop karena pet shop adalah tempat dimana anjing dalam berbagai ras dijual. Organisasi internasional juga melarang kegiatan puppy mill ini yaitu PETA (People for the Ethical Treatment of Animals) yang sangat melarang dengan keras kegiatan ini. 
 
Induk Anjing Terrier di Puppy Mill
Ada beberapa cara untuk menghindari puppy mill ini, antara lain adalah jangan membeli anjing di pet shop atau di internet. Pet shop adalah konsumen terbesar puppy mill dan anda tidak akan pernah tahu apakah anjing yang anda beli di pet shop berasal dari induk yang sehat atau tidak. Lalu cara berikutnya jika anda ingin memelihara anjing cobalah untuk mengadopsi anjing. Adopsilah anjing dari organisasi yang menangani pengadopsian anjing. Sudah banyak sekarang ini organisasi yang menangani hal ini. Dan yang terakhir laporkanlah jika anda melihat atau mengetahui tempat perkembangbiakan hewan ilegal ini. Karena anjing-anjing ini tidak hanya memerlukan kasih sayang kita, melainkan kepedulian kita juga.

No comments:

Post a Comment